Pengantar kepada Persamaan Gerak

Pengantar kepada Persamaan Gerak

SOAL 1
Sebuah benda bergerak dengan percepatan 10 m/s2 ( a = 10 m/s2) selama 4 s. Jika kecepatan akhir benda tersebut 52 m/s, maka kecepatan awalnya adalah....

SOAL 2
Sebuah peluru ditembakkan dari sebuah senjata dan bertambah cepat dalam suatu jarak x = 0.34 m, di dalam laras senjata tersebut, sebelum keluar setelah 9.5 mdet. Berapa percepatan peluru tersebut di dalam laras senjata tersebut?

 SOAL 3
Velositas dari seorang pria yang naik sepeda motor adalah 7 m / det. Dia mulai mempercepat diri dan mencapai kecepatan 22,6 m / det dalam jarak 57,72 m. Berapakah percepatan sepeda motor tersebut?

 SOAL 4
Seekor elang yang perkasa terbang tinggi saat mencari mangsa. Melihat seekor kelinci tepat di bawah, elang tersebut menukik dengan velositas awal 30 m/det dan mempercepatnya dengan a = 40 m/det2  hingga mencapai velositas 100 m/det, nyaris kehilangan kelinci itu dari cakarnya. Berapa ketinggian awal elang tersebut?

SOAL 5
Sebuah mobil dengan suatu velositas awal 37 km/jam berjalan naik di sebuah jalan curam.  Setelah mencapai puncak bukit, mobil tersebut mulai berjalan turun dengan kecepatan konstan 66 km/jam. Berapakah kecepatan rata-rata mobil tersebut untuk keseluruhan perjalanan tersebut? Asumsikan bahwa jarak tempuh naik dan turun bukit tersebut adalah sama.

 SOAL 6
Sebuah mobil yang melaju secepat 30 m/det. berada 10 m dari sebuah lampu lalu lintas. Sopirnya tiba-tiba sadar bahwa lampunya telah berubah menjadi merah, maka, ia mulai melambat pada tingkat a = -50 m/det2. Apakah sopir tersebut berhasil berhenti sebelum mencapai persimpangan? Seberapa jauhkah mobil tersebut masih melaju sebelum pada akhirnya berhenti sama sekali?

SOAL 7
Dua mobil bergerak dengan velositas yang sama, v = 80 km/jam, dan mobil yang kedua adalah x = 30 m di belakang yang pertama. Sopir dalam mobil yang kedua memutuskan untuk melewati mobil yang pertama, dan oleh karena itu mempercepatnya dengan a = 0,975 m/det2. Berapakah waktu yang dibutuhkan sopir mobil yang kedua untuk melewati mobil yang pertama, dengan asumsi bahwa ia harus setidaknya sepanjang mobilnya sendiri ditambah x2 = 2 m di depan mobil yang pertama untuk melewati? Asumsikan bahwa panjang dari kedua mobil tersebut adalah x3 = 4 m.

SOAL 8
Dua mobil bergerak dengan velositas yang sama, v = 80 km/jam, dan mobil yang kedua berada x = 30 m di belakang yang pertama. Sopir dalam mobil yang kedua memutuskan untuk melewati mobil yang pertama, dan karena itu mempercepatnya dengan a = 0,975 m/det2. Berapakah kecepatan dari mobil kedua tepat setelah melalui mobil yang pertama?  Dapatlah diterima untuk menggunakan t yang dibulatkan ke detik terdekat.

SOAL 9
Seekor singa lapar sedang beristirahat. Tiba-tiba, ia melihat seekor kelinci 30 m jauhnya dan mulai mempercepat langkah untuk menangkapnya. Setelah 3.16 detik ia mencegat si kelinci dengan tiba-tiba dan menangkapnya! Berapa percepatan si singa tersebut, dengan asumsi bahwa kelinci tersebut tidak pernah berpindah untuk melarikan diri?

SOAL 10
Sebuah mobil cepat berjalan dengan suatu kecepatan yang konstan. Si sopir melihat lampu merah 300m di depan, dan karena itu ia mulai melambat pada tingkat a = 6 m/det2. Dia sangat beruntung, karena mobil tersebut berhenti persis di tempat lampu lalu lintas tersebut berada! Berapa lama waktu yang dibutuhkan mobil tersebut untuk berhenti?

Mau Berlangganan Contoh Surat Terbaru dari Kami?