Struktur-struktur tubuh Coelenterata

Filum Cnidaria (umumnya dikenal sebagai Coelenterata) mencakup sekitar 9000 spesies. Beberapa ditemukan di air tawar, tetapi jumlah parutan adalah laut. Coelenterata adalah hewan sederhana eumetazoa. Kelompok ini menarik hewan yang mendapat namanya dari rongga besar dalam tubuh yang berfungsi sebagai usus. Mereka termasuk hydra, ubur-ubur, anemon laut dan karang. Ciri-ciri singkat Coelenterata adalah sebagai berikut:

Struktur tubuh Coelenterata

Bentuk tubuh, Radial simetris, hewan multisel diploblastik dengan jaringan terorganisasi.
Habitat, Air, air tawar atau bentuk soliter atau kolonial laut yang mungkin berenang bebas atau menetap.
Tubuh memiliki mulut di ujung mulut yang mengarah ke dalam rongga luas yang disebut rongga gastrovaskular atau coelenteron.

Kehadiran panjang, struktur berongga disebut tentakel yang digunakan untuk bergerak dan menangkap makanan.

Kehadiran jenis aneh sel yang disebut cnidoblasts, nematosis atau sel penyengat pada ektoderm, terutama di tentakel, yang digunakan untuk menyerang dan bertahan.
Pencernaan adalah baik intraseluler dan ekstraseluler.
Respirasi dan ekskresi melalui difusi sederhana.
Kehadiran jaringan saraf tersebar di seluruh tubuh.
Banyak bentuk menunjukkan polimorfisme, dimana berbagai jenis individu yang hadir dalam koloni untuk fungsi yang berbeda. Individu ini disebut zooid. Reproduksi aseksual (tunas eksternal) atau seksual (pembentukan gamet).

Jenis bentuk polimorfik Pada Cnidaria: (COELENTERATA)

Ada tiga jenis polimorfisme (bentuk polimorfik) ditemukan dalam Cnidaria-(Obelia sp.) Kelas Anthozoa hanya bentuk polipoid terdiri.

Bentuk polipoid dari polimorfik cnidaria

Bentuk polypoid atau polip adalah bentuk hidroida, umumnya sessile.
Silinder berongga tubuh dengan batang umum koloni oleh ujung proksimal.
Distal, berakhir dengan ujung kerucut yang disebut manubrium atau kerucut oval dengan tentakel pada bagian bawah dalam lingkaran.

Kedua tubuh dan manubrium mengandung coelenteron dengan mulut di bagian atas manubrium
Tubuh terdiri dari epidermis dan gastrodermis dengan mesoglea peralihan.
Tentakel, manibrium dan dinding polip baik dilengkapi dengan sel-sel otot untuk kontraksi
Sel cnidoblast. Dengan nematosis pada tentakel

Bentuk Medusa

Medusa diproduksi dari tunas medusa dibebaskan dari gonotheca yang pecah dan menyerupai bel atau payung terbalik  dengan sisi cembung ke atas dan mulut di tengah permukaan cekung. Permukaan cembung disebut exumbrellar dan permukaan cekung adalah permukaan subumbrellar. Dari pusat permukaan subumbrellar, manubrium dengan empat sisi mulut di akhir bebasnya.

Pada Obelia, Medusa berenang dan permukaan berubah dalam ke luar, tidak biasa untuk spesies medusa. Mulut mengarah ke rongga enterik akhirnya mengarah ke 4 kanal radial sampai pinggir dasar bel. Inidari tentakel disediakan dengan organ lithocyst .In berbeda jelas dengan bentuk polip, Medusa memiliki mesoglea tebal dan biasanya disebut ubur-ubur.

Semoga Struktur-struktur tubuh Coelenterata dapat bermamfaat

Mau Berlangganan Contoh Surat Terbaru dari Kami?