Pengertian Musaqah, Muzaraah, dan Mukharabah

Pengertian Musaqah, Muzaraah, dan Mukharabah
  • Musaqah adalah bentuk kerjasama (syarikat) antara pemilik kebun dan pemelilihara kebun dengan perjanjian bagi hasil ( production sharing) yang jumlahnya di tentukan menurut kesepakatan bersama. Rasulullah saw. Bersabda, yang artinya : “dari ibnu umar:”Sesungguhnya Nabi saw. Telah memberikan kebun beliau kepada penduduk khaibar agar dipelihara oleh mereka dengan perjanjian akan diberikan sebagian dari penghasilannya, baik buah-buahan ataupun hasil tanaman(palawija).”(H.R.Muslim).

Adapun rukun Musaqah adalah pemilik dan penggarap kebun, kebun yang di garap, bentuk atau jenis pekerjaan, dan hasil (buah).
  •       Muzaraah adalah kerjasama bagi hasil antara pemilik tanah (sawah atau ladang) yang benihnya berasal dari pihak penggarap. Bilamana benihnya berasal dari pihak sawah atau ladang, maka disebut Mukhabarah. Dalam hal Muzaraah atau Mukhabarah, Muzakinya ( wajib zakatnya) adalah pihak yang mengeluarkan benih. Selanjutnya, apabila benih dikeluarkan oleh kedua belah pihak, maka Muzakinya adalah kedua belah pihak pula, diambil sebelum hasil panen dibagi.


Demikianlah Pengertian Musaqah, Muzaraah, dan Mukharabah. Semoga dapat bermamfaat.


Mau Berlangganan Contoh Surat Terbaru dari Kami?