Interaksi Antara Manusia dan Ekosistem Hidup

Interaksi Antara Manusia dan Ekosistem Hidup - Interaksi manusia dengan lingkungan sangat bervariasi di seluruh dunia. Cara pandang terhadap lingkungan dapat bervariasi bahkan dalam area kecil tergantung pada budaya dan cara manusia dibesarkan. Bila pertimbangan lingkungan diukur secara skala, skala ini akan memiliki dua ekstrem berikut ini;
antroposentrisme dan biosentrisme.

Antroposentrisme adalah kata dengan dua akar kata spesifik, antro (manusia) dan sentrisme (pusat). Oleh karena itu, antroposentrisme secara sederhana dianggap sebagai berpusat pada manusia.


Orang yang antroposentris percaya bahwa manusia adalah pucuk organisme terhadap tumbuhan dan membuat keputusan berdasarkan lingkungan itu. Mari kita pertimbangkan pembuatan pembangunan perumahan. Seorang antropolis sejati mungkin melihat lahan terbuka untuk dimanfaatkan dan melihat rumah-rumah baru untuk manusia ditambah meningkatnya keuntungan ekonomi untuk para pembangun, para bankir, dan lainnya.Mereka mungkin sepenuhnya menghilangkan setiap dampak terhadap lingkungan. Hal ini bukan berarti mengatakan bahwa seorang antroposentris tidak akan pernah mempertimbangkan lingkungan dan kaitannya dengan hal itu. Namun, pertimbangan mereka akan jatuh hanya pada apa yang bisa mereka dapatkan dari lingkungan.


Biosentrisme membentuk kebalikan dari pandangan. Biosentrisme juga terdiri dari dua akar kata, bio (hidup) dan sentrisme (berpusat). Orang yang dianggap bermental biosentris (berpusat pada hidup) mempertimbangkan pada skala yang sama dengan organisme lain. Mereka bahkan mungkin akan menyarankan manusia adalah sekedar "gigi roda dalam mesin" terhadap lingkungan. Oleh karena itu, setiap kali keputusan dibuat demi kepentingan terhadap semua bentuk kehidupan lingkungan (sesuai kemampuan terbaik mereka) harus dipertimbangkan.

Bila kita merefleksi kembali pada contoh pembangunan kediaman kita, seorang biosentris akan mempertanyakan efek pembangunan tersebut terhadap kualitas tanah, kualitas air, habitat tumbuhan dan margasatwa yang ada serta apa dampak yang akan terjadi dari pembangunan ini terhadap area sekitar ekologi.


Hal penting lainnya kita dapat melihat cara berbeda bahwa manusia berinteraksi dengan lingkungan adalah dengan pertanian. Pertanian modern atau konvensional berpusat pada agro-teknologi seringkali menggunakan bibit rekayasa, pupuk dan pestisida seperti halnya meningkatnya peralatan pertanian terkomputerisasi.

Hal ini dilakukan untuk memaksimalkan potensi hasil panen sepenuhnya. Sementara teknik-teknik ini dapat meningkatkan produksi pangan, sehingga menyebabkan penurunan harga biji-bijian atau kekurangan makanan di seluruh dunia hal ini tidak mempertimbangkan dampaknya terhadap lingkungan. Metode agrikultur ini akan dianggap sangat antroposentris terhadap alam.


Sebaliknya, ada beberapa tipe agrikultur yang lebih biosentris terhadap alam. Termasuk di dalam metode ini organik, permakultur dan pertanian berkelanjutan. Metode ini bekerja untuk meniru alam sebanyak mungkin ke tidak hanya meningkatkan hasil tapi hanya sedikit atau tidak membahayakan komunitas biotik sekitar.

Metode ini menggunakan cara alami dalam meningkatkan kesuburan tanah seperti menggunakan kompos serta menggunakan metode alternatif seperti polikultur (banyak jenis tumbuhan yang berbeda-beda) dan menarik serangga yang mendatangkan keuntungan (seperti kepik) untuk mencegah hama dan penyakit. Mereka juga biasanya menggunakan bibit asli dan benih non-hibrid sebagai sarana melestarikan benih dan spesies tanaman asli.

Itulah artikel Interaksi Antara Manusia dan Ekosistem Hidup. Semoga dapa bermanfaat bagi Anda, baca juga artikel terkait lainnya.

Mau Berlangganan Contoh Surat Terbaru dari Kami?