Objek Studi dan Karakteristik Sosiologi

Objek Studi dan Karakteristik Sosiologi

Objek studi adalah masyarakat yang dilihat dari sudut hubungan antarmanusia, dan proses yang timbul dari hubungan manusia di dalam masyarakat. Adapun unsur-unsur dalam masyarakat tersebut diantaranya adalah manusia yang hidup bersama, bercampur untuk aktu yang cukup lama, dan kesadaran untuk satu kesatuan. Pada intinya sosiologi mengkaji masyarakat sebagai sebuah kesatuan, baik secara individu maupun kelompok beserta tingkah dan perilaku.

Karakteristik sosiologi

Soiologi memiliki berbagai macam karakteristik, antara lain :

1. Merupakan ilmu social, bukan ilmu kealaman ataupun humaniora.

2. Bersifat empiric-kategorik, bukan normative atau etik artinya sosiologi berbicara apa adanya tentang fakta social berbicara analitis, bukan mempersoalkan baik buruknya fakta social tersebut.

3. Merupakan ilmu pengetahuan yang bersifat umum, artinya bertujuan untuk menghasilkan pengertian dan pola-pola umum dari interaksi antar manusia dalam masyarakat. Dan juga tentag sifat, hakikat, bentuk, isi, dan struktur masyarakat.

4. Merupakan ilmu pengetahuan murni (pure science), bukan ilmu pengetahuan terapan (applied science).

5. Merupakan ilmu pengetahuan yang abstrak atau bersifat teoritis. Dalam hal ini sosiologi selalu berusaha untuk menyusun abstraksi dari hal-hal observasi. Absraksi tersebut merupakan kerangka dan unsur-unsur yang tersusun secara logis serta bertujuan untuk menjelaskan hubungan sebab akibat sehingga menjadi teori.

Itulah artikel tentang Objek Studi dan Karakteristik Sosiologi, dan semoga bisa bermamfaat bagi anda.

Mau Berlangganan Contoh Surat Terbaru dari Kami?