Metode Metode dalam Sosiologi

Metode Metode dalam Sosiologi

Sosiologi merupakan ilmu, sehingga mempunyai cara kerja sistematik untuk memahami fenomena, permasalahan, atau issu yag terjadi pada hubungan manusia dalam masyarakat. Sosiologi merupakan ilmu murni, namun bukan berarti sosiologi tidak dapat berfungsi dalam kehidupan masyarakat. Setidaknya dalam metode ilmu, sosiologi dikenal dua metode besar, yaitu metode kualitatif dan kuantitatif.

1. Metode kualitatif

Metode kualitatif adalah metode yang cara kerjanya dengan mendeskripsikan hasil penelitian berdasarkan penilaian terhadap data yang diperoleh. Metode ini dipakai apabila data hasil penelitian tidak dapat diukur dengan angka. Beberapa penelitian yag termasuk dalam metode kualitatif adalah metode historis, komparatif, dan studi kasus.

2. Metode kuantitatif


metode kuantitatif mengutamakan keterangan berdasarkan angka angka atau gejala-gejala yang diukur dengan skala, tabel, indeks, atau studi statistik. Penelitian yang termasuk dalam metode dedukatif, induktif, empiris, rasional, dan fungsional.

Itulah artikel Metode Metode dalam Sosiologi, semoga artikel diatas dapat menambah wawasan dan menambah pengetahuan, jika ada kekurangan mohon komentar anda. terimakasih

Mau Berlangganan Contoh Surat Terbaru dari Kami?