Ciri-ciri, Kegunaan Sosiologi dan Peran sosiolog

Ciri-ciri, Kegunaan Sosiologi dan Peran sosiolog

Ciri-ciri sosiologi antara lain :

1. sosiologi bersifat empiris, karena didasarkan pada pengamatan (observasi) terhadap kenyataan social dan hasilnya tidak bersifat spekulatif.

2. Sosiologi teoritis, yang artinya sosiologi selalu berusaha untuk menyusun kesimpulan dari hasil observasi untuk menghasilkan teori keilmuan.

3. Sosiologi bersifat komulatif, yang artinya teori dalam sosiologi dibentuk atas dasar teori yang sudah ada sebelumnya kemudian diperbaiki, diperluas, serta diperdalam.

4. Sosiologi bersifat nonetis yang artinya sosiologi tidak mempersoalkan baik buruknya fakta, tetapi yang lebih penting adalah menjelaskan fakta tersebut secara analitis dan apa adanya.

Kegunaan Sosiologi dan Peran sosiolog

Kegunaan dari sosiologi meliputi :

a. Perencanaan social

b. Pembangunan

c. Pemecahan masalah

d. Penelitian

Dalam beberapa Negara, sosiologi banyak berperan dalam berbagai hal. Horton dan Hunt (1987) menyebutkan beberapa profesi yang pada umumnya diisi oleh para sosiolog, yaitu :

a. Ahli riset, baik itu riset ilmiah (dasar) untuk perkembangan ilmu pengetahuan ataupun riset yang diperlukan untuk kepentingan industri (praktis).

b. Konsultan kebijakan, khususnya untuk membantu untuk memprediksi pengaruh social dari suatu kebijakan dan pembangunan.

c. Sebagai teknisi atau sosiologi klinis, yakni ikut terlibat didalam kegiatan perencanaan dan pelaksanaan program kegiata dalam masyarakat.

d. Sebagai pengajar dan pendidik.

e. Sebagai pekerja social (social worker)

Diluar profesi yang disebutkan oleh Horton dan hunt tersebut, tent masih banyak profesi yang dapat digeluti oleh seorang sosiolog. Banyak bukti menunjukkan, bahwa dengan kepekaan dan semangat keilmuannya selalu berusaha membangkitkan sikap kritis, para sosiologi banyak berkarir cemerlang diberbagai bidang yang menunut kereaktivitas, misalnya dunia jurnalis, dijajaran birokrasi, para sosiologi seringa berpeluang menonjol dalam karir kerena kelebihannya dalam visinya nasib atas rakyat.

Seiring dengan perubahan social yang terjadi dalam masyarakat, keterlibatan para sosiolog diberbgai bidang kehidupan akan semakin penting dan sangat diperlakukan. Perubahan social yang terjadi dalam masyarakat akan menuntut penyesuaian diri segenap komponen masyarakat yang menuntut kemampuan mengantisipasi keadaan baru. Para sosiolog pada umumnya unggul dalam hal penelitian social sehingga perannya sangat dipperlukan

Itulah Artikel tentang Ciri-ciri, Kegunaan Sosiologi dan Peran sosiolog, dan semoga artikel diatas dapat menambah wawasan anda tentang sosiolog dan juga dapat bermamfaat bagi anda.

Mau Berlangganan Contoh Surat Terbaru dari Kami?