Penyebab Jantung Koroner dan Usaha Penyembuhannya

Sekarang ini banyak orang meninggal karena serangan jantung. Hal ini disebabkan salah satunya adalah Penyakit Jantung Koroner (PJK). Tapi Jangan khawatir, ternyata PJK dapat diatasi dengan beberapa upaya baik penyembuhan maupun pencegahan. Dengan demikian, hendaknya kita harus selalu jantung agar tetap sehat.

Jantung (Cor) merupakan alat pemompa darah. Letaknya di dalam rongga dada diantara paru-paru dengan apeks menghadap ke kiri di atas diafragma. Besarnya kira-kira satu kepalan tangan, dengan berat antara 220 sampai 260 gram.  Dinding jantung terdiri atas 3 lapis yaitu :

- Perikardium (pembungkus luar)
- Miokardium (lapisan otot tengah)
- Endokardium (batas dalam yang  membentuk ruang-ruang jantung)

Jantung terbagi menjadi 4 ruangan yaitu 2 atrium (serambi) dan 2 ventrikel (bilik).Antara atrium kanan dan ventrikel kanan terdapat klep trikuspid, antara atrium kiri dan ventrikel kiri terdapat klep mitral/klep likuspid.  Fungsi klep tersebut adalah agar darah hanya mengalir ke satu arah yaitu dari atrium ke ventrikel dan menghindari darah mengalir kembali dari ventrikel ke atrium.

Penyakit Jantung Koroner (PJK) adalah suatu kelainan berupa penyempitan dan pengerasan pembuluh darah yang mengalirkan darah ke otot jantung. Otot jantung mendapat makanan

dan oksigen serta zat-zat lain  dari pembuluh nadi tajuk (arteria koronaria). Agar otot jantung berfungsi dengan baik dalam memompa darah dibutuhkan persediaan darah yang cukup. Menyempit dan mengerasnya arteri koronaria mengakibatkan terganggunya aliran darah ke otot jantung. Sehingga otot jantung kekurangan darah dan otot jantung akan mati. Keadaan inilah yang membuat jantung berhenti berdenyut.

Penyempitan dan pengerasan arteri koronia disebabkan :

1. Usia
2. Hipertensi
3. Merokok
4. Abnormalitas kolesterol dalam darah

Penyebab PJK
Seseorang dapat terkena serangan jantung koroner antara lain karena:

1. Merokok
2. Obesitas
3. Kolesterol
4. Jenis Kelamin
5. Tekanan darah tinggi

Ciri-ciri PJK :
1. Sakit/nyeri di daerah dada
2. Sesak napas/ sakit bernapas/ napas pendek
3. Berkeringat dingin
4. Pusing dan ingin muntah

 Akibat yang Ditimbulkan
Bagaimanakah merokok dapat menimbulkan PJK? Asap rokok mengandung CO, Nikotin dan Ter.

Afinitas Hemoglobin (hb) dengan karbon monoksida 230 lebih kuat dari pada afinitas Hb pada Oksigen, sehingga jumlah oksigen yang ada diotot jantung menurun. Selain itu nikotin dapat memacu pengeluaran hormon adrenalin sehingga terjadi peningkatan frekuensi denyut jantung meningkatkan tekanan darah.

Adrenalin dihasilkan oleh bagian medula kelenjar adrenal yang terletak di atas masing-masing ginjal. Sekresi adrenalin dikendalikan oleh sistem syaraf simpatis. Sekresi bertambah jika seseorang dihadapkan pada tingginya stimulus dari luar atau senyawa-senyawa kimia yang masuk ke tubuh (misalnya nikotin). Fungsi Adrenalin antara lain : meningkatkan denyut jantung.

Merokok juga dapat menurunkan kadar HDL darah sehingga LDL naik, akibatnya terjadi penumpukan lemak (plak aterosklerosil) diantara koronaria sehingga arteri koronaria menyempit dan mengeras.

Obesitas

Obesitas adalah penumpukan lemak di dalam tubuh yang melebihi batas normal atau persentase lemak tubuh tinggi secara abnormal.Obesitas dapat menurunkan kadar HDL kolesterol dan meningkatkan LDL kolesterol. Jika kadar HDL menurun dan LDL meningkat akan mengakibatkan pengendapan kolesterol pada dinding arteri koronaria, dapat membentuk plak ateroskolorosis. Aterosklolorosis menimbulkan penyumbatan dan pengerasan arteri koronaria sehingga aliran oksigen dan makanan ke otot jantung terganggu, akibatnya suplai oksigen menurun, kemudian aktivitas otot jantung terganggu.

Hipertensi (tekanan darah tinggi)

Hipertensi adalah peningkatan darah arteri sistiemik.Tekanan darah arteri yang normal adalah 120/80, artinya 120 mm Hg tekanan sistolik dari 80 mm Hg tekanan diastolik jika orang tua anda menderita hipertensi, hati-hati mungkin anda bisa terserang juga. Karena hipertensi cenderung bersifat genetis dan sebagian besar tidak dapat disembuhkan.Jika seseorang menderita hipertensi terus menerus akan terjadi kerusakan arteri sehingga arteri mengeras dan rongga arteri menyempit akhirnya aliran darah terhalang. Hal ini dapat terjadi juga di pembuluh arteri koronaria.


Usaha Pencegahan
Usaha Pencegahan yang dapat dilakukan antara lain:
Dapatkah anda berhenti merokok? Menurut para ahli berhenti merokok itu merupakan langkah awal untuk meningkatkan kualitas hidup.

Apa manfaat anda berhenti merokok?

  Ternyata ada beberapa manfaat antara lain :
1) Gas Co, nikotin yang ada ditubuh anda berkurang,  sehingga jantung dan paru-paru
      mulai memperbaiki kerusakan yang ditimbulkan gas tersebut.

2) Resiko terserang PJK akan berkurang
Kurangi atau bahkan menghindari makanan yang mengadung kolesterol, misal jeroan, daging berlemak, otak.
Banyak mengkomsumsi sayuran berserat atau buah-buahan. Karena serat itu mampu menarik senyawa kolesterol dari dalam usus kita dan dikeluarkan bersama feses.

Olah raga teratur.  Jika anda melakukan olah raga secara teratur maka sirkulasi darah menjadi lancar dan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit.

Usaha Penyembuhan
Ternyata Penyakit Jantung Koroner dapat diusahakan penyembuhannya asal cepat diketahui dan cepat berobat ke dokter.

Usaha penyembuhan yang dapat dilakukan antara lain:

1. Pengobatan 

Tentunya kardiolog yang dapat menentukan apakah pasiennya  dapat diberi abat apa tidak

2. Operasi

Dengan adanya kemajuan ilmu  dan teknologi ternyata operasi  jantung sekarang  ini  sudah banyak membuahkan hasil,   misalnya balon ---> usaha untuk  melebarkan  arteri koronia  sehingga suplai oksigen dan darah lancar.

3. Rehabilitasi, misalnya olahraga.

Mau Berlangganan Contoh Surat Terbaru dari Kami?