Kandungan Surah Al-Fatir Ayat 32

Surah ini adalah surah ke 35 dalam Al-Qur’an yang berisikan 45 ayat. Tergolong surah makiyah maka isi ayat ini lebih kepada menerangkan tentang tingkatan-tingkatan seorang muslim dalam mengamalkan kitab (Al-Qur’an). Di ayat ini disebutkan tiga golongan yang menerima kitab.

1.mereka yang menzalimi diri sendiri, yaitu mereka yang tidak menggunakan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup. Mereka selalu berbuat kesalahan dan kejahatan. Antara kebaikan dan kejahatan lebih banyak kejahatannya.
2.mereka yang bersifat pertengahan (muqtasid). Orang semacam ini kebaikan dan keburukannya kadang seimbang. Kadang mereka banyak berbuat baik, tetapi banyak pula berbuat salah.
3.mereka yang beruntung, yaitu mereka yang dengan izin Allah berbuat kebaikan. Senantiasa hidupnya dihiasi oleh amal shaleh. Nilai amal shaleh sangat erat kaitannya dengan iman. ( bukan karena Allah ) tidak dapat memberikan pahala kepada kita walaupun sebesar langit dan bumi sehingga amalan yang kita lakukan tidak dapat di nilai di sisi Allah SWT. Dalam Al-Qur’an menyatakan bahwa :
a. orang yang mati dalam kekafiran (tidak bertaubat) tidak akan diterima amalannya.
b.orang-orang musyrik akan dihapus amalannya dan amalan orang kafir akan sia-sia.
c.orang kafir akan ditimpakan siksa di dunia dan di akhirat.
d.orang kafir dan musyrik akan di masukkan ke dalam neraka.
e.orang yang beriman kepada hari akhirat hanya mendapatkan kehidupan di dunia saja.

Sekian Kandungan Surah Al-Fatir Ayat 32, Semoga Bermamfaat


Mau Berlangganan Contoh Surat Terbaru dari Kami?