Kandungan Ayat Al-Qur’an tentang Lingkungan Hidup

  • 1.    Q.S Ar Ruum Ayat 41-42

Surah Ar-rum merupakan surah Al-Qur’an yang terdapat di dalam Juz-21. Surah ini menempati urutan surah no 30 dari 114 surah Al-Qur’an dan termasuk golongan surah makkiyah. Surah Ar-Rum ayat 41-42 berisi penjelasan bahwa kerusakan-kerusakan yang terjadi di muka bumi ini, baik yang di darat maupun yang ada di laut disebabkan oleh tangan-tangan manusia.

Terjadinya banjir, tanah longsor, bahaya kekeringan, dan lain-lain di timbulkan karena manusia merusak ekosistem lingkungan, misalnya penebangan hutan secara membabi buta, pembakaran lahan, perusakan daerah aliran sungai, pemanasan global, dan lain-lain. Akibatnya, terjadi ketidakseimbangan ekosistem, sehingga manusia sendiri yang mendapatkan akibatnya. Allah swt. Mengembalikan bencana itu kepada manusia, agar manusia itu kembali sadar, bahwa perbuatan-perbuatan merusak itu, dampaknya tidak hanya pada diri sendiri tetapi bagi orang lain dan lingkungan.

Ayat ini juga mengingatkan manusia agar mengambil ibrah(pelajaran) dari peristiwa yang menimpa kaum-kaum yang terdahulu, seperti kaum soddom, luth, nuh, pompei(italia) dan lain-lain. Kaum-kaum itu dihancurkan karena keingkarannya kepada Allah swt.
  • 2.    Q.S Al A’raaf Ayat 56-58

Di antara kandungan surah Al A’raf ayat 56-58 sebagai berikut.
a.    Allah swt. Telah menciptakan alam semesta ini dengan sebaik-baiknya untuk mahkluk-Nya, oleh sebab itu, kita diperingatkan untuk tidak membuat kerusakan di bumi, baik yang dapat mengakibatkan rusaknya jiwa, akal maupun lainnya.

b.    Allah swt. Telah menurunkan air hujan, yang dengan air hujan itu tanah yang tadinya kering/tandus menjadi tanah yang subur sehingga menumbuhkan macam-macam tumbuh-tumbuhan yang banyak mamfaatnya bagi kehidupan mahkluk. Semua itu menjadi tanda-tanda kekuasaan Allah bagi orang-orang yang mau bersyukur kepada-Nya.
c.    Perintah Allah swt. Kepada manusia agar merawat lingkungan dengan baik serta tidak menyia-nyiakannya.

  • 3.    Q.S Saad ayat 27

Di antara isi kandungan surah Sad ayat 27 sebagai berikut.
a.    Semua ciptaan Allah, baik di langit maupun bumi, maupun segala yang ada di alam semesta tiaklah sia-sia. Ciptaan Allah mengandung hikmah dan manfaat bagi kehidupan manusia itu sendiri.

b.    Orang kafir menganggap bahwa semua ciptaan Allah, baik di langit dan bumi, maupun segala yang ada di semesta ini sia-sia atau tidak ada gunanya.
c.    Orang-orang kafir akan celaka karena keingkarannya kepada Allah dan akan di masukkan ke dalam neraka.

Demikian Kandungan Ayat Al-Qur’an tentang Lingkungan Hidup. Semoga dapat bermamfaat.

.

Mau Berlangganan Contoh Surat Terbaru dari Kami?