Cara Perkembangbiakan Tumbuhan

A.generatif            
Tumbuhan yang berkembangbiak dengan generatif diawali dengan penyerbukan, yaitu menempelnya serbuk sari dikepala putik. Setelah penyerbukan terjadi pembuahan sehingga bakal biji tumbuh menjadi biji dan bakal buah. Contoh tumbuhan yang berkembangbiak secara generatif, yaitu padi, jagung, kelapa, mangga, jeruk, rambutan, dan jambu.

B.Vegetatif
Perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif adalah perkembangbiakan tanpa melalui proses pembuahan. Perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif ada dua macam, yaitu vegetatif alami dan vegetatif buatan.

1.Vegetatif alami
Perkembangbiakan dengan cara vegetatif alami, yaitu terbentuknya individu baru tanpa bantuan manusia. Perkembangbiakan vegetatif alami terjadi dengan spora, tunas, umbi akar, umbi batang, umbi lapis, akar tunggal, dan geragih.
a).Spora, contohnya : paku dan pakis.
b).Bertunas, contohnya : pisang,cocor bebek, cemara, sukun, dan wijaya kusuma.
Ada juga tumbuhan yang berkembangbiak dengan tunas adventif. Tunas adventif ada yang tumbuh pada daun dan ada juga yang tumbuh pada akar. Tunas yang tumbuh pada daun disebut tunas adventif daun, contohnya : cocor bebek dan wijaya kusuma. Tunas yang tumbuh pada akar disebut adventif akar, contohnya cemara dan sukun.
c).Berkembangbiak dengan umbi akar, contohnya : bunga dahlia.
d).Berkembangbiak dengan umbi batang, contohnya : kentang dan umbi jalar.
e).Berkembangbiak dengan umbi lapis, contohnya : bawang merah, bawang bombay, dan bunga bakung.
f).Berkembangbiak dengan akar tunggal/rhizoma/rimpang, contohnya : lengkuas, jahe, dan kunyit.
g).Berkembangbiak dengan geragih/stolon, contohnya : rumput teki, arbei, stroberi, eceng gondok, dan pegagan.

2.Vegetatif buatan
Perkembangbiakan dengan cara vegetatif buatan, yaitu terbentuknya individu baru dengan buatan manusia. Perkembangbiakan secara vegetatif buatan antara lain dengan setek batang, setek daun, merunduk, dan cangkok.


Sekian cara perkembangbiakan tumbuahan, semoga dapat bermamfaat

Mau Berlangganan Contoh Surat Terbaru dari Kami?