Sikap dan perilaku positif dalam lingkungan kehidupan

Sikap dan perilaku positif dalam berbagai lingkungan kehidupan antara lain:

a. Di dalam lingkungan keluarga
Sikap dan perilaku kita dalam melaksanakan hasil musyawarah di lingkungan keluarga dapat dilakukan dengan cara saling mengingatkan berbagai hal yang telah disepakati bersama, seperti pembagian tugas membersihkan rumah sehari-hari. Kita pun mesti menyimak baik-baik contoh yang diberikan orang tua, lalu menerapkannya sungguh-sungguh ketika melaksanakan tugas yang dibebankan kepada kita. Selain itu kita hendaknya menerima dan melaksanakan kesepakatan bersama dengan kesadaran bahwa kesepakatan itu merupakan hal terbaik bagi kesejahteraan keluarga, membina sikap disiplin untuk tidak melanggar berbagai hal yang telah disepakati bersama.

b. Di dalam lingkungan sekolah
Sikap dan perilaku kita dalam melaksanakan hasil musyawarah di lingkungan sekolah dapat dilakukan dengan cara mengingat akar pentingnya suasana kekeluargaan yang menjiwai dukungan terhadap keputusan musyawarah. Dalam suasana kekeluargaan, keputusan rapat akan memperoleh dukungan dari semua pihak.

Lalu, kita pun dapat menciptakan suasana kekeluargaan yang memungkinkan adanya tanggung jawab dalam melaksanakan keputusan rapat. Secara aktif kita mengikuti teladan guru dengan sungguh-sungguh melakukan tugas yang disepakati bersama dalam rangka mencapai tujuan musyawarah. Kita tentunya menerima keputusan dengan lapang dada. Kita menerima keputusan itu dengan kesadaran bahwa keputusan itu akan menjadikan suasana belajar mengajar semakin baik, serta membina disiplin karena hanya dengan disiplin, keputusan rapat akan terlaksana sesuai dengan harapan bersama.

c. Di dalam lingkungan masyarakat 
Sikap dan perilaku kita dalam melaksanakan hasil musyawarah di lingkungan masyarakat dapat dilakukan dengan cara membina kerja sama sehingga tercipta suasana saling membantu untuk mewujudkan tujuan musyawarah.

Meskipun berbeda cara pandang, warga masyarakat menerima hasil musyawarah sebagai kesepakatan yang benar, baik, dan patut dilaksanakan untuk kesejahteraan bersama. Dalam suasana kekeluargaan, kita secara terbuka mau saling mengingatkan apabila ada kelalaian mengabaikan kesepakatan. Meskipun bukan berasal dari gagsan sendiri, kita mesti menerima mufakat sebagai kesepakatan yang benar, baik, dan patut untuk dilaksanakan demi kepentingan bersama. Disamping itu, kita selalu membina kerja sama, rasa setia kawan, dan disiplin agar keputusan musyawarah dapat diterapkan dengan cepat dan menyeluruh.

Mau Berlangganan Contoh Surat Terbaru dari Kami?