Pengertian Ideologi

Ideologi Dalam pengertian sehari-hari "idea" disamakan artinya dengan cita-cita, sedangkan "logos" berarti ilmu. Cita-cita adalah harapan dan keinginan yang bersifat tetap dan harus dicapai sehingga cita-cita itu sekaligus merupakan dasar, pandangan, atau paham. Ideologi adalah seperangkat gagasan, ide, cita-cita dari sebuah masya-rakat tentang kebaikan bersama yang di-rumuskan dalam bentuk tujuan yang han.is dicapai dan cara'-cara yang digunakan untuk mencapai tujuan itu. Secara harfiah ideologi berarti ilmu tentang gagasan, ide, atau cita-cita.

Dalam arti luas ideologi dipergunakan untuk segala kelompok cita-cita, nilai-nilai dasar, dan keyakinan-keyalcinan yang dijunjung tinggi sebagai pedoman normatif. Ideologi juga diartilcan sebagai ajaran, doktrin, atau ilmu yang diyakini kebenarannya, disusun secara sistematis, dan diberi petunjuk pelaksanaannya dalam menanggapi dan menyelesaikan masalah yang ada dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bemegara.

Ideologi berisikan serangkaian nilai (norma) yang bersifat menyeluruh dan mendalam yang dimiliki dan dipegang teguh suatu masyarakat atau bangsa sebagai wawasan atau pandangan hidup mereka. Melalui serangkaian nilai dasar itu mereka mengetahui bagaimana cara yang paling balk, secara moral, normatif dianggap benar dan adil, dalam bersikap dan bertingkah lalcu untuk memelihara, mempertahankan, dan membangun kehidupan duniawi bersama dengan berbagai dimensinya. Ideologi suatu bangsa menggambarkan sikap mental dan perilaku suatu bangsa dalam kehidupan sehari-hari.

Ideologi sebenarnya merupakan Icristalisasi nilai-nilai luhur suatu bangsa yang telah diyaldni kebenarannya dan bertekad untuk mewujudkannya. Dengan ideologi yang diyakini suatu bangsa memiliki keyakinan akan dapat mencapai suatu tujuan hidupnya.

arti ideologi, arti pancasila, bunyi pancasila, demokrasi pancasila, fungsi ideologi, fungsi pancasila, ideologi liberalisme, ideologi negara, ideologi pancasila, lahirnya pancasila, macam macam ideologi, makalah pancasila, makna pancasila, nilai nilai pancasila, pancasila sebagai ideologi, pancasila sebagai ideologi negara, pengertian demokrasi pancasila, pengertian ideologi pancasila, pengertian pancasila, perumusan pancasila, prinsip demokrasi pancasila, proses perumusan pancasila, rumusan pancasila, sejarah lahirnya pancasila, sejarah pancasila, sejarah perumusan pancasila, teks pancasila, univ pancasila

Mau Berlangganan Contoh Surat Terbaru dari Kami?