Struktur dan Fungsi Vakuola

Struktur dan Fungsi Vakuola - Vakuola yaitu organela sitoplasmik yang diisi cairan serta dibatasi selaput tidak tebal yang dimaksud tonoplas. Vakuola berupa cairan yang di dalamnya terlarut beragam zat seperti enzim, lipid, alkaloid, garam mineral, asam, serta basa. Pada sel tumbuhan, vakuola senantiasa ada. Makin tua satu tumbuhan, jadi vakuola yang terbentuk makin besar.


Vakuola juga bertindak untuk menaruh zat makanan berbentuk sukrosa serta garam mineral, terkecuali juga berperan juga sebagai tempat penimbunan bekas metabolisme, seperti getah pada batang tumbuhan karet. Untuk mengerti susunan vakuola pada tumbuhan Anda bisa lihat Gambar! Vakuola juga ada pada protozoa. Vakuola protozoa berbentuk vakuola kontraktil serta vakuola nonkontraktil.

Struktur dan Fungsi Vakuola
Struktur dan Fungsi Vakuola
Struktur dan Fungsi Vakuola
Struktur dan Fungsi Vakuola


1) Vakuola kontraktil 
Vakuola kontraktil dimaksud juga vakuola berdenyut. Vakuola kontraktil mempunyai manfaat juga sebagai osmoregulator yakni mengatur nilai osmotik dalam sel. 

2) Vakuola nonkontraktil 

Vakuola nonkontraktil dimaksud juga vakuola makanan, yang berperan untuk mengolah makanan serta mengedarkan hasil pencernaan makanan ke semua badan.

Itulah Artikel tentang Struktur dan Fungsi Vakuola , semoga bisa bermanfaat bagi anda.

Mau Berlangganan Contoh Surat Terbaru dari Kami?