Latar Belakang Pancasila dijadikan Ideologi Negara

Latar belakang Pancasila dijadikan ideologi negara

1) Proses sejarah bangsa Indonesia

a) Proklamasi menghendaki Indonesia berdasarkan Pancasila. Pancasila dijadikan ideologi negara sesungguhnya secara implisit sejak tanggal/17 Agustus 1945, walaupun secara yuridis hal tersebut disahkan tanggal 18 Agustus 1945. Proklamasi kemerdekaan tidak menyinggung Pancasila, tetapi semata-mata menjelaskan bangsa Indonesia yang menyatakan kemerdekaannya ke seluruh dunia.

Proklanaasi menghendaki Indonesia yang merdeka di dalam suatu perwnahan bangsa, yaitu negara merdeka yang bemama Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila yang ingin mencapai masyarakat adil dan makmurkan ikut membangun perdamaian dunia.

b) Nilai-nilai Pancasila telah tercermin dan diamalkan & lain kehidupan sehari-hari oleh bangsa Indonesia sejak sebelum Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

c) Pancasila mampu mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Berdasarkan pengalaman sejarah kita telah mengetahui adanya upaya-upaya untuk memecah belah negara Indonesia. Misalnya pemberontakan PKI Madiun tahun 1948 dan G30S/PKI tahun 1965. Kesemuanya itu dapat digagalkan berkat komitmen segenap komponen bangsa Indonesia untuk tetap mempertahankan keutuhan NKRI dengan landasan ideologi nasionalnya, yaitu Pancasila.

d)Ideologi Pancasila mampu mengembantugas ke masa depan dalam mewujudkan masyarakat adil dan memakmurkan berdasarkan Pancasila. Pancasila diyalcini bangsa Indonesia merupakan ideologi yang tepat bagi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan benegara sehingga mampu memberikan motivasi kepada bangsa Indonesia untuk mencapai cita-citanya.

Arti ideologi, arti pancasila, bunyi pancasila, demokrasi pancasila, fungsi ideologi, fungsi pancasila, ideologi liberalisme, ideologi negara, ideologi pancasila, lahirnya pancasila, macam macam ideologi, makalah pancasila, makna pancasila, nilai nilai pancasila, pancasila sebagai ideologi, pancasila sebagai ideologi negara, pengertian demokrasi pancasila, pengertian ideologi pancasila, pengertian pancasila, perumusan pancasila
prinsip demokrasi pancasila, proses perumusan pancasila, rumusan pancasila, sejarah lahirnya pancasila, sejarah pancasila, sejarah perumusan pancasila, teks pancasila, univ pancasila

Mau Berlangganan Contoh Surat Terbaru dari Kami?