Menjelaskan prinsip dasar bioteknologi

Menjelaskan prinsip dasar bioteknologi

Ini adalah kisi-kisi soal biologi untuk UN 2014 , anda dapat mempelajarinya untuk bekal dalam mengikuti ujian

Bioteknologi berasal dari istilah bio (hidup) ,teknos(teknologi atau penerapan)dan logos (ilmu)jadi,bioteknologi dapat diartikan sebagai ilmu yang menerapkan prinsip-prinsip biologi.
secara lengkap,bioteknologi adalah pemamfaatan prinsip-prinsip ilmiah (sistem dan proses biologis)atau dengan menggunakan makluk hidup untuk menghasilkn produk dan jasa bagi kepentingan manusia.

Perkembangan bioteknologi sangat pesat,hal ini karena disesuaikan dengan peningkatan kebutuhan hidup yang juga makin kompleks.
perkembangan ini terjadi karena banyaknya cabang-cabang ilmu yang mendukungnya .
berikut ini beberapa cabang pendukung bioteknologi :

1.Mikrobiologi

Mikrobiologi merupakan cabanh biologi yang mempelajari tentang mikroba atau jasad renik.pengetahuan ini dapat membuka kemampuan dalam memahami sifat , struktur, dan peranan beberapa mikroba , seperti virus, bakteri,dan cyanophyta.

2.Biokimia

Biokimia merupakan cabang ilmu kimia yang mempelajari makluk hidup dari aspek kimianya , artinya, gejala hidup merupakan gejala kimia dan proses hidup diselenggarakan atas dasar reaksi dan peristiwa kimia.dengan demikian,makluk hidup dianggap sebagai bahab kimia yang dapat dipadukan dan direkayasa.


3.Biologi sel

Memahami tentang sifat dan struktur sel sangat mendukung aplikasi bioteknologi.pengetahuan tersebut dapat digunakan dalam perbanyakan makluk hidup yang mendukung proses bioteknologi.

4.Genetika

Genetika merupakan cabang biologi yang mempelajari pewarisan sifat-sifat makluk hidup dari ke generasi ke generasi , pemahaman mengenai bentuk dan karekteristik materi pewarisan sifat,yaitu gen atau DNA akan membantu kemajuan teknologi.

5.Fisika

Pengetahuan tentang benda-benda mati atau alat-alat yang dapat digunakan dalam penerapan bioteknologi juga akan membantu perkembangan bioteknologi.
Bioteknologi bukan merupakan ilmu merni,tetapi sebuah ilmu terapan yang dalam prosesnya terdapat beberapa komponene-komponen yang terlibat, adapun komponen-komponen tersebut ,antara lain:

Bahan yang di proses sebagai bahan masukan(input)
Makluk hidup yang menyelenggarakan proses
Prinsip-prinsip ilmiah yang mendasari semua proses
Hasil yang berupa produk barang dan jasa sebagai keluaran(output)

Semoga bermanfaat 

Mau Berlangganan Contoh Surat Terbaru dari Kami?