Faktor Utama yang menyebabkan mekanisme evolusi

1.Mutasi Gen

Evolusi dapat terjadi karena adanya seleksi alam dan variasi genetik.menurut Hugo de Vries bahwa variasi genetik merupakan akibat dari mutasi gen dan rekombinasi gen pada keturunan baru dan spesies baru yang muncul apabila terjadi perubahan gen secara tiba-tiba yang disebut mutasi.

2.Aliran Gen

Aliran gen adalah perpindahan alel diantara populasi-populasi memulai migrasi dari individu yang kawin

3.Genetik Drift

Genetik drift adalah perubahan yang terjadi secara acak pada frekuensi gen dari populasi kecil yang terisolasi.contohnya populasi kecil terisolir pada kaum Amish di Pensilvania ternyata ada yang membawa alel yang menyebabkan sifat cebol,yaitu satu dari setiap seribu kelahiran.

4.Perkawinan yang Tidak Acak

Hal ini dapt terjadi jika yang berpasangan bukan karena adanya kesempatan , tetapi menurut keserasian pada genotip dan fenotip.Contohnya adalah perkawinan yang terjadi antara keluarga dekat yang sedarah sehingga akan dapat meningkatkan frekuensi gen abnormal atau gen resesif.

5.Seleksi Alam

Seleksi alam merupakan proses didalamnya suatu populasi beradaptasi dengan lingkungannya supaya kelangsungan hidupnya dapat bertahan .Ada tiga macam seleksi yang dilakukan alam,yaitu:


  • Seleksi terarah
  • Seleksi stabilisasi atau pemantap,
  • Seleksi destruktif atau pemutus.

Mau Berlangganan Contoh Surat Terbaru dari Kami?